Ragam Khasiat Vitamin C bagi Kulit

Posted on October 23, 2016 By

vitamin-c-bagi-kulit

Selama ini, vitamin C dikenal sebagai nutrisi untuk mencegah penyakit karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Padahal, vitamin C juga berperan aktif untuk merawat & menjaga kecantikan kulit. Lebih tepatnya, vitamin C dapat mencerahkan, mengencangkan, serta menyembuhkan luka kulit.  

Vitamin C menjadi nutrisi yang tidak boleh diabaikan. Setiap orang harus memenuhi kebutuhan vitamin C sekitar 60 – 95 mg per hari menurut National Academy of Sciences Amerika Serikat. Konsumsi vitamin C adalah salah satu dari 4 cara menjaga dan meningkatkan kekebalan badan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sebetulnya, vitamin C bukan hanya berperan sebagai pencegah penyakit melainkan juga turut andil dalam merawat kecantikan kulit. Di bawah ini dipaparkan ragam khasiat vitamin C bagi kulit:

Mencerahkan

Kulit kusam, masalah kecantikan wajah yang dipicu lantaran kurang konsumsi air putih, stres, kurang tidur, tidak lepas dari rokok, dsb. Masalah ini harus sesegera mungkin diatasi karena dapat membuat penampilan wajah terkesan lebih tua. Konsumsi minuman atau suplemen vitamin C bisa dilakukan untuk membuat wajah lebih cerah. Sebab, vitamin C dapat meratakan pigmen-pigmen sehingga kulit tampak lebih cerah. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan masker atau lulur dari buah alpukat, pepaya, tomat, dll yang juga mengandung vitamin C.

Mengencangkan

Tanda penuaan seperti kerutan pada wajah pada dasarnya akan muncul ketika usia 30 tahun ke atas. Sayangnya, paparan bahan kimia dari kosmetik yang berlebih, paparan sinar matahari yang terlalu sering, stres yang tidak dikelola dengan baik, dsb bisa membuat tanda penuaan muncul lebih awal. Alhasil, wajah terlihat “boros” padahal dari sisi usia tergolong muda. Selain dengan melakukan penguapan wajah & menggunakan masker lumpur, Anda juga bisa konsumsi minuman vitamin C untuk kulit kencang. Tidak lain karena vitamin C mengandung sejenis asam yang meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga serta mengembalikan elastisitas kulit.

Menyembuhkan luka

Vitamin C mengandung asam askorbat 2-fosfat yang bukan hanya dapat menetralkan radikal bebas tetapi juga memperbaiki kerusakan DNA. Oleh sebab itu, ketika Anda mengalami luka gores, pasca operasi, bakar, atau lainnya konsumsi minuman vitamin C atau gunakan bahan-bahan alami yang mengandung vitamin C untuk mempercepat kesembuhan luka. Lebih dari itu, vitamin C juga dapat menyamarkan kulit parut akibat luka C.

Itulah manfaat-manfaat yang bakal diperoleh dari vitamin C. Mengingat begitu pentingnya vitamin C baik bagi kesehatan maupun kecantikan, penuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya sesuai dengan yang dianjurkan (kelebihan produksi asam lambung, memicu ginjal, terganggunya produksi sel-sel darah merah, dsb menjadi dampak konsumsi vitamin C dosis tinggi).

Selain dari buah jeruk, Anda bisa memperoleh asupan vitamin C dengan mengkonsumsi kubis, paprika hijau, lobak, kentang, rumput laut, mangga, jambu biji, pepaya, stroberi, tomat, dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan kinerja vitamin C, patut menghindari rokok, begadang, rasa malas membersihkan muka, & hal-hal lain yang memicu masalah kecantikan kulit lainnya.

Namun ingat, meski vitamin C sangat dibutuhkan & aman karena sifatnya yang larut dalam air, sebaiknya perbanyak minum air putih ketika mengkonsumsi vitamin C. Tujuannya untuk mencegah kristalisasi pada ginjal atau lebih dikenal dengan istilah penyakit kencing batu.

 

Kecantikan Kulit     , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *