4 Hal yang Harus Diketahui Tentang Penyakit Tipes

Posted on July 30, 2016 By

tipes

Penyakit tipes adalah penyakit infeksi bakteri yang terjadi pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman salmonella typhi atau salmonella paratyphi. Penyakit satu ini lebih sering dialami oleh anak-anak, tapi remaja dan orang dewasa juga bisa terkena penyakit tipes. Penyakit ini cukup berbahaya jika tidak cepat ditangani dengan baik karena dapat membahayakan jiwa. Oleh karena itu, jika ada anggota keluarga Anda yang mengalami penyakit satu ini segeralah berobat. Jika Anda tidak ingin mengalami penyakit tipes, Anda harus mencegah penyakit ini. Selain mencegah ada baiknya yang harus diketahui tentang penyakit tipes. Adapun yang harus diketahui tentang penyakit tipes adalah berikut ini.

Penyebab

Yang menyebabkan penyakit tipes sendiri yaitu bakteri Salmonella Typhi  yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Bakteri yang telah masuk ke dalam tubuh ini akan berkembang biak dalam usus dan darah. Bakteri ini bisa saja ada pada air kotor dan makanan basi. Selain itu, penyebab penyakit tipes juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, untuk menghindari sakit tipes, maka Anda harus menghindari hal-hal yang dapat menjadi penyebab penyakit tipes. Anda harus membiasakan diri untuk hidup sehat dan bersih.

Gejala

Setelah mengetahui mengenai penyebabnya, Anda harus tahu mengenai gejalannya juga. Dengan mengetahui gejalannya, maka Anda bisa bertindak lebih cepat agar penyakit tipes tidak parah. Adapun gejala dari penyakit tipes sebagai berikut:

  1. Badan terasa panas (demam)

Gejala pertama dari penyakit tipes adalah badan akan terasa panas atau deman.Terjadinya seperti ini akan terjadi dalam waktu yang cukup lama bisa 2 hingga 3 harian. Kondisi badan yang panas ini disertai dengan sakit kepala dan badan menjadi lemas.

  1. Lidah menjadi berwarna putih

Mungkin gejala penyakit tipes yang satu ini cukup mudah untuk diketahui yaitu bagian tengah lidah akan berwarna putih. Sedangkan bagian pinggir tetap berwarna merah.

  1. Sakit perut, mual, dan muntah

Gejala selanjutnya yang harus Anda ketahui mengenai penyakit tipes adalah sakit perut, mual, dan muntah. Ini akan terasa dikarenakan bagian usus telah terinfeksi akibat luka.

  1. Denyut nadi menjadi melambat

Gelaja yang satu ini disebabkan oleh adanya racun yang berasal dari kuman tipes akhirnya membuat denyut nadi menjadi melambat.

  1. Diare

Gejala terakhir dari penyakit tipes adalah si penderita akan mengalami diare.

Gejala-gejala di atas akan menjadi hal yang buruk pada kesehatan bila tidak cepat melakukan pengecekan ke dokter.

Pencegahan

Setelah mengetahui dua hal di atas mengenai penyebab dan gejala tipes, Anda harus mengetahui cara mencegahnya. Dengan Anda melakukan pencegahan teradap penyakit tipes, maka Anda telah menerapkan pola hidup yang baik.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah penyakit tipes

  1. Menjaga kebersihan tubuh
  2. Melakukan suntik vaksin tipes
  3. Kurangi makanan mentah
  4. Menjaga kebersihan makanan

Pengobatan

Jika mengalami penyakit ini dan tidak cepat di bawak ke dokter untuk melakukan pemerikasaan, ini sangat berbahya untuk jiwa. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tentang pengobatan. Adapun cara pengobatan sakit tipes ini adalah Anda harus cepat membawa keluarga Anda ke rumah sakit untuk menjalanan pemeriksaan. Selain itu, Anda bisa mengobati sakit tipes dengan memanfaatkan bahan alami seperti cacing tanah, bawang putih, dan daun sambilloto.

Demikinlah yang harus Anda ketahui seputar penyakit tipes. Semoga informasi di atas bermanfaat buat Anda semua.

Penyakit Tipes     , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *